Bupati Dadang Supriatna Serahkan Sertipikat Tanah Kepada Masyarakat, Tahun Ini Program PTSL Hampir 70.000 Bidang di Kabupaten Bandung

Bupati Dadang Supriatna Serahkan Sertipikat Tanah Kepada Masyarakat, Tahun Ini Program PTSL Hampir 70.000 Bidang di Kabupaten Bandung

Smallest Font
Largest Font

Bandung Nkrikitanews.com - Bupati Bandung Dadang Supriatna menyerahkan sertipikat tanah untuk rakyat. Bupati menyerahkan sertipikat tanah itu pada giat pembagian sertipikat PTSL (pendaftaran tanah sistem lengkap) lintas sektor dan sertipikat wakaf tahun 2024 di Kantor Pertanahan Kabupaten Bandung, Soreang, Jumat (16/8/2024).

Penyerahan sertipikat tanah itu merupakan bagian dari pelayanan Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Bandung Rahmat. Penyerahan sertipikat tanah itu turut disaksikan Kepala Kantor Wilayah BPN Provinsi Jawa Barat Yuniar Hikmat Ginanjar dan jajaran Forkopimda Kabupaten Bandung, Organisasi Perangkat Daerah Kabupaten Bandung, warga masyarakat penerima sertipikat tanah dan pihak lainnya. 

Bupati Bandung mengungkapkan bahwa Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Bandung hari ini melaksanakan penyerahan sertipikat tanah dan disaksikan Kepala Kantor Wilayah BPN Provinsi Jawa Barat dan Forkopimda Kabupaten Bandung.

"Penyerahan sertipikat tanah ini diterima langsung oleh masyarakat penerima. Tentunya saya haturkan terima kasih karena tahun ini program PTSL hampir 70.000 bidang di Kabupaten Bandung. Insya Allah hampir 60.000 bidang sudah selesai, dan sisanya 10.000 bidang lagi insya Allah dalam waktu dekat bisa selesai. Mudah-mudahan penerimaan sertipikat tanah ini bisa dijadikan suatu alat bukti yang sah kepemilikan lahan," tutur Dadang Supriatna dalam keterangannya.

Atas dasar program PTSL itu, Bupati Bandung atas nama Pemerintah Kabupaten Bandung menghaturkan terima kasih kepada Menteri ATR/BPN Agus Harimurti Yudhoyono, Kepala Kantor Wilayah BPN Provinsi Jabar, dan Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Bandung. 

"Insya Allah dalam waktu dekat, kita akan bicarakan. Apakah tantangan dari Pak Kanwil akan dilaksanakan? 50.000 penerima sertipikat tanah ini akan kita launching dan berikan. Mungkin nanti kita minta kehadiran Pak Manteri untuk bisa hadir, sehingga nanti ada rekor MURI. Insya Allah nanti kita bicarakan dan bahas," ungkapnya.

Pada kesempatan itu, Bupati Dadang juga menghaturkan terima kasih kepada Presiden Joko Widodo. "Yang mana, Pak Presiden fokus bisa membantu masyarakat untuk bisa memberikan pelayanan yang terbaik terutama dalam sertipikasi. Karena sertipikasi ini cenderung sebelumnya itu sulit, bahkan mahal," ujarnya.

Tetapi, imbuhnya, dengan program PTSL, Presiden Joko Widodo mengeluarkan gerakan yang sangat luar biasa. Dengan kepemimpinan Presiden Joko Widodo ada perubahan yang sangat signifikan karena saat ini mempermudah bagi warga masyarakat untuk memiliki sertipikat tanah.

"Sehingga jumlah warga Kabupaten Bandung yang memiliki hampir 1.006.000 bidang lahan. Ini tinggal menyisakan hampir sekitar 150.000 bidang. Mudah-mudahan nanti akan kita usulkan, bagi masyarakat yang belum memanfaatkan fasilitas PTSL ini kita akan dorong supaya Pak Menteri bisa mengagendakan dan menganggarkan kembali untuk pelaksanaan yang sisanya. Dengan harapan tahun depan, semua bidang di Kabupaten Bandung selesai atas kepemilikan sertipikatnya" tuturnya.

Atas dasar itu, Kang DS, sapaan akrab Dadang Supriatna ini mengucapkan terima kasih, semoga BPN tetap eksis dan jaya, dan sukses. 

Lebih lanjut Kang DS menegaskan,  bahwa dengan kepemilikan sertipikat tanah ini, untuk kepastian hukum bagi masyarakat selaku pemilik bidang lahan tidak merasa terancam.

"Dengan kepastian hukum sudah memiliki sertipikat, salah satu bukti bahwa setiap warga yang sudah mempunyai tanah dikuatkan dengan sertipikatnya. Dan tentunya ini dijadikan suatu kebahagiaan bagi warga masyarakat Kabupaten Bandung," tuturnya.

Kang DS juga turut mengucapkan terima kasih kepada Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Bandung, dengan adanya sertipikat elektronik tentu ini akan lebih meyakinkan.

"Tanah aset Pemerintah Daerah  Kabupaten Bandung, hampir 2.200 bidang. Yang dulu, sebelum saya dilantik itu baru selesai 200 bidang. Saat ini sudah selesai hampir 1500 bidang. Ini menyisakan aset sekolah-sekolah," katanya.**

Editors Team
Daisy Floren
Daisy Floren
Jaelani Author

What's Your Reaction?

  • Like
    0
    Like
  • Dislike
    0
    Dislike
  • Funny
    0
    Funny
  • Angry
    0
    Angry
  • Sad
    0
    Sad
  • Wow
    0
    Wow