Rumah Zakat Kembangkan Budidaya Tanaman Buah Anggur Untuk Berikan Nilai Ekonomi Dan Menjadi Ciri Khas Desa Neglasari

Rumah Zakat Kembangkan Budidaya Tanaman Buah Anggur Untuk Berikan Nilai Ekonomi Dan Menjadi Ciri Khas Desa Neglasari

Smallest Font
Largest Font


Bandung,Nkrikitanews.com - Kolaborasi Rumah Zakat  bersama Yayasan Anggur Sejahtera Indonesia jalankan  program pengembangan  budidaya tanaman buah anggur dalam mendorong program  Desa Ramah lansia di Desa Neglasari Kecamatan Banjaran  Kab.Bandung.

Program budidaya tanaman buah anggur ini merupakan salah satu program kerja dari Rumah Zakat yang  bekerjasama dengan Yayasan Anggur Sejahtera Indonesia untuk memberikan dukungan terhadap program Desa Ramah Lansia yang selama ini sudah di jalankan  Rumah Zakat yang mana Pembudidayaan buah Anggur ini telah di launcingkan pada tanggal 16 Agustus 2024 kemarin.

Program Desa Ramah Lansia dari Rumah Zakat ini  memberikan  pelayanan kepada masyarakat di bidang kesehatan seperti Senam, Pengecekan Kesehatan yang terdiri cek darah, timbang badan serta pengembangan budidaya Anggur yang saat ini sedang di jalankan.

Ustadz Heri Surahmat sebagai pelaksana budidaya Anggur sekaligus  relawan dari Rumah Zakat menyampaikan, budidaya tanaman buah  Anggur ini kita kelola bersama dengan warga masyarakat desa Neglasari khususnya bagi warga yang  sudah lanjut usia (Lansia) yang bertempat di Green house lahan wakaf Mesjid Berdaya Al-Amanah.

 Kegiatan ini, merupakan Sosial entrepreneur Pengembangan sumberdaya manusia untuk warga masyarakat yang lansia  dalam memberikan nilai ekonomi guna memberikan kegiatan yang menghasilkan yang di berikan oleh Rumah Zakat bersama Yayasan Anggur Sejahtera Indonesia, melalui Program Desa Ramah Lansia yang berada di Kp.Citeurep Rt4/Rw14 Desa Neglasari.

" Kita dari Rumah Zakat besama Yayasan memberikan pembinaan dan pendampingan  Langsung kepada masyarakat, di mulai dari penanaman, perawatan hingga panen dalam pembudidayaan anggur ini," ungkap Ustadz Heri yang juga menjabat sebagai Ketua DMI desa. 

Dalam kesempatanya, Ustadz Heri juga menjelaskan bahwa untuk saat ini pemberdayaan anggur sedang dalam tahap perawatan, seperti penyiraman, pemupukan dan pengobatan. Adapun sebagai media tanam kita menggunakan perpaduan tanah dan Sekam bakar serta memanfaatkan media tanam yang ada di sekitaran lingkungan kampung dan untuk pupuknya  menggunakan pupuk organik lokal.

 Ada beberapa jenis Anggur yang kita budidayakan, seperti jenis Jupiter, Gospi, Helidor, dan jenis lainya. Mudah-mudahan setelah proses penanaman bibit yang kita lakukan, kita menargetkan di usia minimal 2 bulan bibit Anggur ini sudah tumbuh sekitar 2 meteran, imbuh Heri.

" Saya berharap, melalui kegiatan kami ini bisa menggali potensi dari warga masyarakat utamanya para lansia sehingga bisa memberikan efek positif bagi para lansia dan bisa mendorong untuk hidup mandiri dan menghasilkan," kata Heri

"Selain sehat badannya, lansia ini juga tentunya akan punya penghasilan atau ekonomi yang cukup dengan adanya program  dari Rumah Zakat ini. Tentu program budidaya anggur yang kita kembangkan semoga  bisa menjadi salah satu ciri khas atau produk dari pada desa Neglasari dan   menjadi tambahan nilai ekonomi bagi masyarakat," pungkasnya .

Editors Team
Daisy Floren
Daisy Floren
Jaelani Author

What's Your Reaction?

  • Like
    0
    Like
  • Dislike
    0
    Dislike
  • Funny
    0
    Funny
  • Angry
    0
    Angry
  • Sad
    0
    Sad
  • Wow
    0
    Wow