Distan Kab.Bandung Terus Optimalkan Program Unggulan dari Bupati Untuk 87.000 Petani 

Distan Kab.Bandung Terus Optimalkan Program Unggulan dari Bupati Untuk 87.000 Petani 

Smallest Font
Largest Font

Bandung.Nkrikitanews.com -  Kabupaten Bandung saat ini sedang melakukan berbagai kegiatan pembangunan untuk kesejahteraan masyarakat. salah satu komitmen yang terpenting di Kabupaten Bandung adalah dengan adanya program unggulan Bupati Bandung.


 Dinas Pertanian Kabupaten Bandung (Distan) saat ini terus memberikan Pelayanan kepada masyarakat dengan sebaik-baiknya untuk memenuhi kebutuhan  terutama para petani di Kabupaten Bandung, sebagai penyelenggara pelayanan publik Dinas pertanian kabupaten Bandung terus berkomitmen memberikan layanan terbaik melalui berbagai program inovatif untuk meningkatkan kesejahteraan petani dan ketahanan pangan.

 Di lansir dari kanal Media sosial resmi Distan Kab.Bandung, Ir. Hj.Ningning Hendasah menyampaikan, saat ini program yang unggulan di Dinas Pertanian Kabupaten Bandung salah satunya adalah pemberian kartu tani Si BEDAS.  Para petani di Kabupaten Bandung saat ini sebanyak 87.000 orang sudah diberikan bantuan berupa dana hibah sebesar Rp 500.000 untuk sarana produksi pertanian, baik pupuk ataupun keperluan lainnya berupa alat mesin pertanian.

Menurutnya program ini untuk  memberikan akses kemudahan bagi petani untuk mendapatkan bantuan pupuk bersubsidi serta berbagai fasilitas lain yang mendukung usaha pertanian mereka. Hingga saat ini, ribuan petani telah terdaftar dan merasakan manfaat langsung dari kartu tani si Bedas, selain itu Bupati Bandung juga memberikan adanya BPJS ketenagakerjaan bagi para petani,  ungkap Hj. Ningning Kadistan Kab.Bandung.

Selain menjalankan program yang ada, Distan Kab Bandung juga melaksanakan Pos pelayanan terpadu untuk kesehatan hewan ternak keliling. Program ini bertujuan untuk memastikan hewan ternak di Kabupaten Bandung mendapatkan layanan kesehatan rutin, seperti vaksinasi, konsultasi dan pengobatan secara gratis dimana petugas pusat kesehatan hewan atau yang disingkat dengan puskeswan datang langsung ke desa-desa setiap hari rabu,  sehingga pelayanan ini lebih mudah diakses peternak.

Selain itu, Program ini bertujuan untuk merawat dan memperbaiki alat dan mesin pertanian atau alat alsintan ( Alat mesin Pertanian) yang ada di Gapoktan, ini di lakukan  agar alat-alat tersebut selalu dalam kondisi optimal. Dengan adanya pangkalan produktivitas, pertanian dapat menjadi ditingkatkan tanpa ada hambatan oleh kerusakan alsintan, imbuhny.

Lebih lanjut Hj.Ningning mengatakan, program-program tersebut dirancang untuk mendukung visi Kabupaten Bandung yang Bedas, Bangkit Edukatif, Dinamis, Agamis dan Sejahtera. Melalui program-program yang telah kami jalankan Kabupaten Bandung meraih berbagai penghargaan di bidang pertanian diantaranya: 
1.Sri Endah nirwana juara 3 nasional video penyuluhan pertanian  kementerian pertanian tahun 2022.
 2. Juara 1 kelembagaan ekonomi petani Jawa Barat koperasi sinar jagung Priangan Nagreg.
3.  Juara 1 petani Jawa Barat Pipit Chandra Pangalengan.
4.16 ternak peraih juara pada kontes ternak dan seni ketangkasan domba piala presiden 2023. 
5.Penyuluh ASN berprestasi yang diraih oleh Dini Dwi Juniar, S.P dengan tingkat 3.
6 penyuluh Swadaya yang berprestasi oleh Titin dengan peringkat dua.
7.Pos penyuluhan pedesaan atau pos seluruh desa berprestasi oleh Gapoktan Tataliwangi dengan peringkat tiga. 
8.Gabungan kelompok tani Sarinah organik meraih peringkat tiga dalam kategori GAPOKTAN   berprestasi.
9.Imas Wartisi
 dari kabupaten Bandung meraih peringkat 2 sebagai petani berprestasi.


Pencapaian ini tentunya merupakan sebagai motivasi kedepan dan Semua ini kami lakukan demi terwujudnya Kabupaten Bandung yang Bedas   (Bangkit, edukatif, dinamis agamis dan Sejahtera). Mudah-mudahan Kabupaten Bandung bisa lebih Bedas lagi.

Editors Team
Daisy Floren
Daisy Floren
Jaelani Author

What's Your Reaction?

  • Like
    1
    Like
  • Dislike
    0
    Dislike
  • Funny
    0
    Funny
  • Angry
    0
    Angry
  • Sad
    0
    Sad
  • Wow
    0
    Wow