STAI BAITUL ARQOM Kampus Yang Bernuansakan Prinsip-Prinsip  Kepesantrenan, Bentuk SDM Yang Islami dan Intelektualis

STAI BAITUL ARQOM Kampus Yang Bernuansakan Prinsip-Prinsip  Kepesantrenan, Bentuk SDM Yang Islami dan Intelektualis

Smallest Font
Largest Font


Bandung.Nkrikitanews.com- Sekolah Tinggi Agama Islam Baitul ARQOM AL -ISLAMI melaksanakan wisuda  untuk 75 Wisudawan dari Satu Prodi (Satu jurusan)  yang berlangsung di Gedung Budaya Sabilulungan Pemkab.Bandung, Senin (21/10/2024).

Sejak Berdirinya Sekolah tinggi STAI BAITUL ARQOM dari tahun 1987, sampai saat ini STAI Baitul Arqom sudah melaksanakan 11 kali Wisuda dengan kelulusan para wisudawan terbaik yang  menjadi kebanggaan sebagai Intelektualis yang Islami.


Rudi Sulaeman, M.Pd Ketua Prodi Pendidikan Agam Islam STAI Baitul Arqom Kab.Bandung menyampaikan harapannya, bahwa wisudawan dapat punya semangat setelah mereka menjadi sarjana dan bisa memberikan dampak kemanfaatan kepada masyarakat terutama dalam segi pendidikan yang di miliki selama belajar di Sekolah Tinggi kami. 

" Dengan kesadaran mereka sebagai sarjana,  tentunya mereka harus bisa menyebarkan ilmunya di tengah-tengah masyarakat sehingga ini betul-betul bisa memberikan dampak intelektualitas mereka bagi masyarakat pada umumnya", Ungkap Rudi Sulaeman saat di wawancara usai acara berlangsung.

" Saya berpesan kepada para wisudawan agar tidak pernah puas berhenti dalam studi mereka,  yang mana setelah lulus mendapatkan gelar Strata Satu (S1), tentunya bisa melanjutkan ke tingkat berikutnya supaya kualitas SDM semakin terus bisa dikembangkan dan menjadi intelektualis-intelektualis yang bermutu."

Lebih lanjut Rudi mengatakan, Secara kuantitas pendidikan kita itu terus bertambah baik dari jumlah sekolah ataupun jumlah perguruan tinggi begitupun dengan siswanya, tetapi secara kualitas kami rasakan malah itu menurun.  Maka dengan demikian, ini merupakan sebuah tantangan bagi  para sarjana STAI Baitul Arqom menunjukkan formulasi atau mereka bisa menjadikan problem sorver saat mereka menjadi guru nanti,  agar para peserta didik yang mereka asuh itu bisa mempunyai semangat belajar yang tinggi dengan literasi yang bagus, ujarnya.

" Maka dari itu, hal inilah yang kami harapkan  peran penting dari mereka para sarjana muda lulusan STAI Baitul Arqom Al-Islami dalam mewujudkan Indonesia emas di tahun 2045 nanti" tambahnya.

Dalam kesempatannya Rudi Juga menyampaikan, STAI Baitul Arqom Al islami pada saat ini baru memiliki dua fakultas, yaitu fakultas Tarbiyah dan fakultas Syariah   yang mana pada saat ini fakultas tarbiyah baru memiliki satu jurusan yaitu pendidikan agama Islam, sementara fakultas Syariah jurusannya yaitu hukum Keluarga Islam.

 " Mudah-mudahan kedepannya di waktu terdekat ini, kita sudah merencanakan untuk menambah dua jurusan dari satu Fakultas dimana Fakultas Tarbiyah dengan jurusan  pendidikan guru madrasah ibtidaiyah dan Fakultas Adab dengan jurusan Bahasa dan Sastra Arab," tandas Rudi.

STAI Baitul Arqom merupakan perguruan tinggi yang berada di lingkungan pesantren Baitul Arqom dan juga dikelilingi oleh Pesantren-Pesantren lainnya di Kecamatan Pacet.

 Kampus STAI Baitul Arqom merupakan kampus yang bernuansakan prinsip-prinsip kepesantrenan,  dimana kampus ini bersinergi dengan seluruh pondok pesantren yang ada di wilayah Kecamatan terdekat, seperti Pondok Pesantren di Kec. Pacet Ciparay, Kertasari, Ibun Majalaya dan Kec.Arjasari, sehingga para santri yang ada di wilayah itu ketika mau melanjutkan untuk Kuliah,  STAI Baitul Arqom Bisa merekomendasi dan menampungnya.

Sekolah Tinggi STAI Baitul Arqom mempunyai kurikulum-kurikulum yang bisa di sesuaikan dengan kurikulum pondok pesantren. Dengan metode yang kita terapkan, ini merupakan salah satu pembentukan karakter bagi mahasiswa selain ilmu akademik, juga keseharian nya para siswa dibentuk karakternya di pondok pesantren, tukasnya.

Editors Team
Daisy Floren
Daisy Floren
Jaelani Author

What's Your Reaction?

  • Like
    4
    Like
  • Dislike
    0
    Dislike
  • Funny
    0
    Funny
  • Angry
    0
    Angry
  • Sad
    0
    Sad
  • Wow
    0
    Wow