Pemdes Desa Cangkuang Wetan Laksanakan Gebyar Karya Bakti Dan Padat Karya, Tumbuhkan kepedulian Dalam Mengelola Sampah

Pemdes Desa Cangkuang Wetan Laksanakan Gebyar Karya Bakti Dan Padat Karya, Tumbuhkan kepedulian Dalam Mengelola Sampah

Smallest Font
Largest Font

Bandung.Nkrikitanews.com – Pemerintah Desa Cangkuang Wetan Kecamatan Dayeuh Kolot bersama lembaga kemasyarakatan desa meliputi BPD, LPMD, PKK Gapoktan, Karang Taruna, dan warga melaksanakan kegiatan gebyar kerja bakti Padat Karya membersihkan lingkungan desa serta membersihkan Sungai Cibedug yang melintasi wilayah Desa Cangkuang  Wetan di ikuti sekitar 100 orang lebih, Sabtu (29/6/2024).


Kepala Desa Cangkuang Wetan Asep Kusmiadi, S.Pd.,I.M.Pd mengatakan kegiatan ini sebagai upaya untuk menumbuhkan semangat menjaga kebersihan dan kenyamanan di tengah masyarakat sehingga kita rutin melaksanakan kegiatan ini setiap bulan.

" Dengan adanya kegiatan seperti ini tentunya akan menciptakan rasa kebersamaan, kepedulian dan saling menjaga demi tercapainya lingkungan yang bersih dan tertib," ungkap Asep pada Nkrikitanews.com

Lingkungan sungai Cibedug menjadi titik aksi bersih-bersih karena banyak sampah yang berserakan dari mulai keresek, plastik, kardus bekas sampai jenis sampah yang berbahaya. Rumput yang tinggi dan pohon-pohon diatur agar terlihat indah dan bersih.

Gerakan ini menyadarkan masyarakat dan mengedukasi terkait dengan gaya hidup bersih di lingkungan sekitar khususnya wilayah Desa Cangkuang, selain itu untuk menunjang program Desa Wisata yang menjadi salah satu program unggulan terkait tempat pengelolaan sampah yang mana pada saat ini Desa Cangkuang Wetan  merupakan Desa Percontohan yang banyak di kunjungi dari berbagai daerah untuk melakukan studi banding terkait pengelolaan sampah TP3R SIMOTAH, katanya.

Kades juga menyampaikan komitmennya akan terus berupaya melakukan inovasi terkait penanganan sampah dengan strategi engenering sosial dan teknologi,  " mudah-mudahan kedepanya desa Cangkuang wetan ini bisa menjadi desa wisata edukasi sampah," tambah Asep.

Dalam kesempatannya Asep juga menyampaikan himbauannya pada masyarakat untuk berbudaya disiplin agar tidak membuang sampah sembarangan agar bisa memilih sampah organik dan non organik, dan bisa mengolah sampah dengan baik, sehingga nanti kita dari pihak desa akan menampung dan membelinya.

Selanjutnya Asep juga akan lebih mengoptimalkan program sedekah sampah yang sudah berlangsung dari taun 2022 yang saat ini menjadi Bank sampah yang yang di bentuk setiap RW yang di jalankan kader-kader PKK dan pengurus RT/RW untuk lebih mengakomodir masyarakat dalam mengelola sampah di lingkungan juga mempunyai nilai ekonomis bagi masyarakat.

Editors Team
Daisy Floren
Daisy Floren
Jaelani Author

What's Your Reaction?

  • Like
    0
    Like
  • Dislike
    0
    Dislike
  • Funny
    0
    Funny
  • Angry
    0
    Angry
  • Sad
    0
    Sad
  • Wow
    0
    Wow