Kesbangpol Kab.Bandung Gelar Acara Talk Show Pembauran  Kebangsaan  Bagi Generasi Muda 

Kesbangpol Kab.Bandung Gelar Acara Talk Show Pembauran  Kebangsaan  Bagi Generasi Muda 

Smallest Font
Largest Font


Bandung.Nkrikitanews.com - Pemerintahan Kabupaten Bandung melalui Kesbangpol Kab.Bandung mengelar acara Talk show Pembauran kebangsaan bagi generasi muda dengan tema "Membangun Bingkai Keberagaman melalui bhineka tunggal Ika di Kab.Bandung"  berlangsung di Hotel Sutan raja Soreang, Kamis 1 Agustus 2024.

Dalam upaya mewujudkan Persatuan dan Kesatuan Bangsa salah satu sasaran strategisnya adalah melalui proses Pembauran Bangsa di segala aspek kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Dalam hal ini Pemerintah mempunyai kewajiban untuk melindungi masyarakat, menjaga persatuan dan kesatuan dan kerukunan Nasional serta keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia, melestarikan nilai sosial budaya serta mendorong terwujudnya Pembauran Kebangsaan guna memperkokoh dan menegakkan keutuhan NKRI.

Dalam kesempatanya, Kabid Idiologi Wawasan Kebangsaan Kesbangpol Kab.Bandung Bapak Sudiro menyampaikan, Bintek Pembauran Bangsa bagi Generasi Muda di Kabupaten Bandung,  selain untuk bersilaturahmi tentunya merupakan bagian penting dari kerukunan etnis yang ada dalam upaya meningkatkan Persatuan dan Kesatuan Bangsa dan mendorong terwujudnya Pembauran Kebangsaan sekaligus memperkokoh Integritas Etnis di Kab.Bandung yang majemuk. Tujuan utama dari pembauran Kebangsaan adalah agar terciptanya Persatuan dan Kesatuan Bangsa dengan tanpa meninggalkan identitas mereka masing-masing. Disamping itu melalui Pembaruan diharapkan dapat menumbuhkembangkan keharmonisan, saling pengertian, saling menghormati, saling percaya diantara anggota masyarakat termasuk generasi muda karena dengan terwujudnya pembauran kebangsaan di daerah akan tercipta situasi dan kondisi daerah yang dinamis dan kondusif wilayah.

 " Jadi dengan silaturahmi ini, kita perkuat supaya jangan sampai ada benturan-benturan antara suku dan etnis itu sendiri," imbuhnya.

Lebih lanjut dirinya mengatakan, diselenggarakanya Bintek Pembauran Bangsa bagi generasi muda di Kabupaten Badung adalah terbangunnya sinergitas antar generasi muda dari berbagai ras, suku, etnis dan agama. Menyiapkan kader-kader dari generasi muda yang mampu dan handal dalam mendorong percepatan proses pembauran kebangsaan melalui bintek Pembauran Bangsa dan terjaringnya aspirasi generasi muda sebagai bahan masukan dalam optimalisasi proses Pembauran di Kabupaten Badung.

melalui Kegiatan ini tentunya juga untuk membentuk Forum Pembauran Kebangsaan di mana forum tersebut kita melibatkan dari berbagai suku dan etnis di kabupaten Bandung dan diharapkan dengan dengan forum ini masyarakat bisa membangun kebersamaan itu atas dasar kesadaran masing-masing, untuk mendorong keberlangsungan program itu tentunya Pemerintah  melalui Kesbangpol memfasilitasi  FPK untuk melaksanakannya di Masyarakat.

Roni Kabid Kesbangpol Provinsi Jawa Barat menyampaikan,
Keberanekeragaman di negara kita adalah hal yang positif baik itu dari bahasa juga  budayanya yang harus kita syukuri. Kita ketahui di Indonesia banyak sekali etnis hampir 19 etnis, sehingga dibentuknya EPK sebagai salah satunya upaya dalam rangka pembauran sehingga antar etnis ini kedepannya tidak menjadi konflik tidak, menjadi permusuhan sehingga  kita bisa bersama-sama di dalam pergaulan, guyu, bersaudara dan menjaga kesatuan NKRI.

" Jadi pembauran merupakan dalam rangka mempererat persatuan dan kesatuan menjaga keragaman dari berbagai suku etnis dan sebagainya, tentunya ini bisa dijadikan sebagai peluang untuk keutuhan," ucapnya.

Dikatakannya, Dengan banyaknya etnis di Indonesia, tentunya tidak terlepas dari tantangan ke beranekaragaman dan  kita jangan lupa terhadap tantangan bagi generasi muda saat ini salah satunya adalah globalisasi. Sebagaimana kita ketahui dengan globalisasi dengan adanya hitech unsur-unsur budaya asing gampang sekali masuk,  makanya selaku orang tua harus bisa mengontrol dengan baik terhadap anak cucu kita karena globalisasi itu selain berdampak positif tentunya ada dampak negatifnya.

" Kita sangat mendukung dengan adanya pembangunan ke beraneragaman dan mari kita satukan keberanekaragaman ini menjadi suatu kekuatan khusunya untuk di Kab.Bandung," pungkasnya.

Kegiatan Bintek ini diselenggarakan selama 1hari dengan jumlah peserta sebanyak 100 orang dari Generasi Muda ,Perwakilan  Etnis, OKP Karang Taruna, Ormas perwakilan Se-Kabupaten Badung, Ketua FPK Kab.Bandung Dah Saefulloh  beserta  anggota.

Editors Team
Daisy Floren
Daisy Floren
Jaelani Author

What's Your Reaction?

  • Like
    0
    Like
  • Dislike
    0
    Dislike
  • Funny
    0
    Funny
  • Angry
    0
    Angry
  • Sad
    0
    Sad
  • Wow
    0
    Wow