Jauh Mata Memandang Dayeuh Kolot Terendam,  "Banjir lagi Banjir Lagi"

Jauh Mata Memandang Dayeuh Kolot Terendam,  "Banjir lagi Banjir Lagi"

Smallest Font
Largest Font


Bandung.Nkrikitanews.com -- Di awal tahun 2024 banjir melanda Kecamatan Dayeuhkolot,  dari tahun ke tahun banjir merupakan sebuah pemandangan yang biasa di beberapa wilayah yang ada di Kabupaten Bandung .

Seperti halnya yang terjadi di Desa  Citeureup banjir yang terjadi akibat dari banjir bandang yang  menerjang Kampung Lamajang , Rw05/15/17 Desa Citerep Kecamatan Dayeuhkolot Kabupaten Bandung .Kamis, 11/01/2024

Banjir bandang dengan arus deras  yang datang dari arah hulu tersebut mengalir cukup besar, sehingga mengakibatkan  tanggul jebol, kemudian mengalir ke permukiman warga sehingga tergenang dan Sampai terjadi Banjir 

Berdasarkan informasi dari warga masyarakat,  banjir yang menerjang terjadi pukul 17.00 WIB dan  terjadi secara tiba-tiba sesaat setelah turun hujan deras yang mengguyur wilayah desa citerep Kecamatan dayeuhkolot.

Asep salah seorang warga mengungkapkan, Awalnya terjadi hujan deras yang mana mengakibatkan tanggul jebol sehingga aliran sungai yang deras itu   airnya meluap ke permukiman warga dengan membawa 
 material lumpur serta sampah, dan ranting pohon.

Asep juga mengatakan, akibat kejadian tersebut tiga rw ,wilayah Lamajang rumah warga terendam banjir , kemudian masyarakat beserta petugas dari Polsek Dayeuhkolot gabungan GERCEP langsung melakukan evakuasi yang masuk rumah warga yang kena dampak tersebut.

" Saat ini sedang diupayakan di evakuasi warga yang terkena banjir,” kata Asep.

Untuk saat ini kondisinya di lokasi kejadian masih banjir dan pihaknya masih berupaya meminimalisir jumlah rumah warga yang terdampak serta melakukan penanganan sementara.

Menurutnya, penanganan banjir tersebut harus segera dilakukan, kemudian petugas kebencanaan harus secepatnya mendata jumlah rumah warga yang terdampak agar bisa mengupayakan bantuan kepada semua masyarakat yang terkena musibah banjir, Ujarnya.


Selain desa Citeureup ada beberapa desa yang ada di Kecamatan Dayeuhkolot yang pada saat ini wilayahnya tergenang banjir,  yang mana banjir ini pada setiap tahun warga masyarakat Dayeuh Kolot mengalaminya. Walaupun pada dasarnya pemerintah baik pusat maupun Daerah sudah mengupayakan beberapa aspek penanganan untuk banjir di wilayah Dayeuh Kolot dan sekitarnya baik itu pengerukan bahkan ada Danau resapan  tetapi nyatanya pada saat ini masih tetap saja Kecamatan Dayeuh kolot belum ada perubahan yang signifikan terkait masalah banjir, bahkan dari tahun ke tahun banjir   masih saja dirasakan masyarakat.

Editors Team
Daisy Floren
Daisy Floren
Jaelani Author

What's Your Reaction?

  • Like
    0
    Like
  • Dislike
    0
    Dislike
  • Funny
    0
    Funny
  • Angry
    0
    Angry
  • Sad
    0
    Sad
  • Wow
    0
    Wow