Hj.Emma Detty Permanawati: 3 Muatan Lokal Diharapkan Bisa Disertakan Dalam Kurikulum Pelatihan Di Kepramukaan

Hj.Emma Detty Permanawati: 3 Muatan Lokal Diharapkan Bisa Disertakan Dalam Kurikulum Pelatihan Di Kepramukaan

Smallest Font
Largest Font

Bandung.Nkrikitanews.com - Ketua Kwarcab Pramuka Kabupaten Bandung Hj.Emma Detty Permanawati,S.P.d.i.,MM mengapresiasi kepada Dispora Kabupaten Bandung yang telah menggagas kegiatan diklat pitaran pelatih pembina Pramuka Kabupaten Bandung tahun 2024 yang diikuti 80 pelatih pembina Pramuka yang ada di Kabupaten Bandung.

Kegiatan pelatihan dan bimtek ini merupakan kolaborasi yang baik antar mitra dalam upaya meningkatkan pembangunan SDM yang berdaya saing dan mampu berkontribusi untuk pembangunan di Kabupaten Bandung yang berkelanjutan, ungkap Hj. Ema Dety Permanawati saat memberikan sambutan pada pembukaan pelatihan pitaran pelatih pembina Pramuka yang berlangsung di Hotel sunshine Soreang Kab.Bandung, Senin (3/6/2024).


 Menurut Emma, proses pendidikan kepramukaan tak bisa lepas dari peran pelatih pembina Pramuka, karena salah satu fungsi dari pelatih adalah untuk menyiapkan pembina yang handal dan cakap. Hal ini untuk mendukung proses pembinaan di sebuah gugus depan agar sesuai dengan ketentuan yang ada, karena saat ini sektor pendidikan dan pembinaan generasi muda termasuk para peserta didik merupakan bagian daripada isu strategis bangsa, tidak terkecuali di Kabupaten Bandung. Katanya.

Emma pun berharap, penerapan muatan lokal yang merupakan sistem pendidikan yang telah di terapkan Pemkab Bandung seperti pendidikan Pancasila dan undang-undang 45, pendidikan bahasa dan budaya Sunda serta mengaji dan menghafal Al-quran bisa disertakan dalam kurikulum pelatihan di pusdiklatcab khususnya dalam pelaksanaan KMD atau KML di lingkungan kwartir cabang dan kwartir ranting.


Banyak hal yang perlu dilakukan oleh para pelatih pembina Pramuka, untuk dapat terus meningkatkan kualitas diri yang seterusnya akan berpengaruh akan kualitas anggota pramuka yang dilatih,  dalam hal ini adalah pembina Pramuka.

" Melalui Diklat Pitaran pelatihan Pembina Pramuka ini, peserta bisa  menambah khasanah keilmuan mengenai metode-metode pembinaan yang diberikan dan disesuaikan dengan zaman serta memperoleh wawasan keterampilan yang semakin mumpuni untuk mendukung tugasnya dalam eningkatkan peran Pramuka dalam mewujudkan SDM dan berkualitas untuk mendukung pembangunan Kabupaten Bandung yang Bedas," ujar Emma

Di akhir sambutanya, Ketua Kwarcab Pramuka Kabupaten Bandung Hj.Emma Dety mengajak kepada seluruh komponen untuk bersama-sama mendukung dan memperkuatkan Pramuka Kabupaten Bandung serta mendukung program Pemerintah Daerah yang berkelanjutan. Dengan bekerjasama dan  saling menguatkan, tentunya kita bisa menjadi  bangsa yang tangguh, berkarakter dan mampu membawa kemajuan di masa yang akan datang, pungkas Emma.

Editors Team
Daisy Floren
Daisy Floren
Jaelani Author

What's Your Reaction?

  • Like
    0
    Like
  • Dislike
    0
    Dislike
  • Funny
    0
    Funny
  • Angry
    0
    Angry
  • Sad
    0
    Sad
  • Wow
    0
    Wow