Tinjau langsung Ke Lokasi Gempa Bumi di Kertasari, Bupati Bandung Serahkan Bantuan Kepada Warga

Tinjau langsung Ke Lokasi Gempa Bumi di Kertasari, Bupati Bandung Serahkan Bantuan Kepada Warga

Smallest Font
Largest Font


Bandung Nkrikitanews.com - Bupati Bandung HM.Dadang Supriatna Tinjau langsung Kelokasi terdampak Gempa Bumi di Kertasari Kab.Bandung,  peninjauan ke lokasi kejadian gempa bumi di Kecamatan Kertasari Bupati langsung menemui warga yang terdampak gempa bumi, Rabu (18/9/2024).

 Didampingi Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bandung Uka Suska Puji Utama dan Camat Kertasari Heri Mulyadi, Kang DS Sapaan Bupati Bandung turun langsung ke lapangan melihat secara langsung peristiwa bencana gempa bumi yang terjadi pada Rabu pagi sekitar pukul 09.41 WIB dengan magnitudo 5.0. 


Dalam kesempatannya Bupati Bandung meninjau lokasi gempa  bumi seperti dampak kerusakan bangunan pasilitas umum seperti  RSUD Bedas Kertasari serta meninjau ke rumah warga yang terdampak gempa bumi di Desa Cibeureum Kecamatan Kertasari. 

Pada saat itupun Kang DS secara simbolis menyerahkan bantuan kepada warga yang terdampak gempa bumi di wilayah.   Selang waktu dalam peninjauan di lokasi Bupati Bandung melanjutkan meninjau ke Kantor Kecamatan Kertasari yang terdampak gempa bumi.

Dalam kejadian Gempa Bumi yang terjadi pada hari Rabu pagi sejumlah rumah mengalami kerusakan pada bagian atap genting rumah, tembok bangunan rumah di wilayah tersebut Kerusakan juga dialami bangunan masjid, musola, sekolah, puskesmas, dan infrastuktur bangunan lainnya. 


Personil petugas dari berbagai organisasi perangkat daerah, yaitu dari BPBD, DPUTR, Dinas Sosial maupun Dinas Kesehatan turun langsung ke lapangan untuk penanggulangan dampak gempa bumi tersebut.

Personel BPBD Kab. Bandung Tetap Meningkatkan Kesiapsiagaan Potensi Ancaman Bencana
Sejumlah warga terlihat di luar  ruangan  rumah masing-masing pasca terjadi gempa bumi tersebut. Menghadapi bencana alam gempa bumi itu, di antara warga, khususnya dari kalangan anak-anak secara psikis ada yang mengalami  trauma. 

Bupati Bandung Dadang Supriatna melalui Camat Kertasari Heri Mulyadi mengatakan bencana alam gempa bumi ini terjadi pada hari Rabu sekitar pukul 09.41 WIB, dengan magnitudo 5.0.


"Di Kecamatan Kertasari cukup banyak yang terdampak gempa bumi. Dari delapan desa, sekitar 6 desa yang terdampak gempa bumi tersebut," katanya.

Heri Mulyadi mengatakan sampai saat ini, masih dalam proses pendataan atau assessment untuk mengetahui dampak bencana gempa bumi tersebut.

"Ada di antara korban luka yang dialami warga. Korban dirujuk ke RSUD Bedas Kertasari dan kemudian dirujuk lagi dalam penanganannya ke RSUD Majalaya. Alhamdulillah, tidak ada korban jiwa," katanya.  

Heri Mulyadi mengatakan, sampai saat ini masih melakukan pendataan rumah warga yang terdampak gempa bumi. 

"Untuk sementara ada sekitar 30 rumah per dusunnya yang terdampak gempa bumi tersebut. Untuk sementara ini  mencapai lebih dari 100 rumah yang mengalami kerusakan akibat  terdampak gempa bumi," kata Heri.

Ia mengatakan pemerintah lebih mengutamakan penanganan nyawa atau keselamatan warga yang terdampak gempa bumi dulu.


"Itu yang diutamakan, kita melaksanakan penanganan penyelamatan warga korban gempa bumi," katanya.

Camat Kertasari pun menghimbau kepada warga untuk tidak menempati rumah yang mengalami retak-retak atau mengalami kerusakan akibat gempa bumi. 

"Untuk sementara bertahan di luar rumah dulu, untuk mengantisipasi kejadian yang tidak diharapkan. Hal itu  untuk mengantisipasi gempa bumi susulan, jangan sampai berada di dalam rumah," katanya.

Ia menyebutkan bahwa dampak gempa bumi ini, secara psikis menimbulkan trauma yang dialami anak-anak. Meski demikian, Camat berharap tidak ada kejadian gempa bumi susulan.

"Dengan harapan masyarakat kembali dengan kondisi hidup yang nyaman dan tenang, tidak dihantui kejadian yang tidak diharapkan," katanya.

Sumber: media Indokliknews

Editors Team
Daisy Floren
Daisy Floren
Jaelani Author

What's Your Reaction?

  • Like
    0
    Like
  • Dislike
    0
    Dislike
  • Funny
    0
    Funny
  • Angry
    0
    Angry
  • Sad
    0
    Sad
  • Wow
    0
    Wow