Polresta Bandung Bersama Unsur Forkopimda Apel Gelar Pasukan  Operasi Lilin Lodaya Jelang Nataru Tahun 2023

Polresta Bandung Bersama Unsur Forkopimda Apel Gelar Pasukan  Operasi Lilin Lodaya Jelang Nataru Tahun 2023

Smallest Font
Largest Font


Bandung.Nkrikitanews.com - Jelang libur Natal 2023 dan malam Tahun Baru (Nataru) 2024, Polresta Bandung menggelar Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Lodaya 2023 di Dome Bale Rame, Soreang, Kamis, (21/12/2023).

Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Lodaya 2023 tersebut dipimpin langsung Wakapolresta Bandung AKBP Imron Ermawan dan dihadiri pula Lanud Sulaiman, Kodim 0624 serta stakeholder terkait.


Kapolresta Bandung Kombes Pol Kusworo Wibowo melalui Wakapolresta Bandung AKBP Imron Ermawan mengatakan, dalam pengamanan libur Nataru 2023-2024, sebanyak 1.309 personil gabungan diterjunkan.

“Di Kabupaten Bandung Operasi Lilin Lodaya 2023 ini melibatkan 1.309 personel. Mereka terdiri dari 815 personel Polri, dan dibackup 494 personel gabungan dari Lanud Sulaiman, Kodim 0624, Satpol PP, Dishub dan instansi terkait lainnya,” kata Imron.


Imron menambahkan, selama Operasi Lilin Lodaya 2023, pihaknya juga mendirikan 20 pos pengamanan dan pelayanan dibeberapa lokasi. "Pengamanan Nataru ini sebanyak 53 lokasi, kemudian pospam kita ada 20 pos. Terdiri dari pos terpadu atau utama, kemudian pos pam pelayanan, dan pos pam yang tersebar di beberapa titik,” ujarnya.

Ia pun menjelaskan pihaknya juga telah mempetakan beberapa titik kerawanan khususnya di beberapa jalur seperti arteri, jalur kemacetan dan jalur wisata.

“Titik kerawanan sudah kita petakan dan sudah bersama melaksanakan rakor pam. Pertama di daerah Nagreg, Cileunyi, Sadu, Ciwidey, Solokan Jeruk, Pangalengan, Bojongsoang, dan beberapa titik lainnya,” tuturnya.


"Namun demikian, kami tetap mengantisipasi khususnya kemacetan, terorisme dan bencana alam. Semua tempat wajib kita antisipasi," sambungnya.

Sementara itu, di tempat yang sama, Komandan Kodim 0624/Kab. Bandung, Letkol Inf Hamzah Budi Susanto menyampaikan, sesuai dengan tugas pokok, TNI ini siap melakukan backup pada Kepolisian. “TNI yang terlibat di sini ada Kodim 0624/Kabupaten Bandung, Lanud Sulaiman, Gartap, Denpom,” kata Hamzah.

"Kami TNI berbagi tugas sesuai tupoksi masing-masing, untuk Babinsa dikerahkan dan yang langsung terlibat di kegiatan ini sekitar 134 orang," ujar Hamzah.

Adapun dari total personil yang dikerahkan tersebut, Hamzah menjelaskan dibagi menjadi 60 orang di pos pengamanan dan 74 orang itu terlibat di pos terpadu.

Hal senada diungkapkan o Komandan Lanud Sulaiman, Kolonel Pnb, Rohmat Kusmayadi. Pihaknya menurunkan pasukan sebanyak satu pleton, dalam rangka mendukung Operasi Lilin Lodaya 2023/2024.

“Namun jumlah tersebut dapat kita tambah sesuai dengan permintaan,” ujarnya. Rohmat memaparkan, satu hal yang signifikan dalam pengamanan Nataru ini, di Lanud Sulaiman terdapat 2 gereja yang paling besar, yaitu Gereja Protestan dan Gereja Katolik.

“Kami dari Lanud telah berupaya semaksimal mungkin, kita juga bekerjasama dengan Kodim dan Polres apabila kita memerlukan bantuan, tentu kita akan segera berkoordinasi,” pungkasnya.**

Editors Team
Daisy Floren
Daisy Floren
Jaelani Author

What's Your Reaction?

  • Like
    0
    Like
  • Dislike
    0
    Dislike
  • Funny
    0
    Funny
  • Angry
    0
    Angry
  • Sad
    0
    Sad
  • Wow
    0
    Wow