Kadistan Hj. Ningning Hendarsah Hadiri dan Berikan Apresiasi Hajat Huluwotan Cadas Gantung.

Kadistan Hj. Ningning Hendarsah Hadiri dan Berikan Apresiasi Hajat Huluwotan Cadas Gantung.

Smallest Font
Largest Font

 
 Bandung.Nkrikitanews.com -  P3A (Perkumpulan Petani Pemakai air) bersama Pemerintahan Desa Lamajang  menggelar hajat Huluwotan Cadas Gantung, hajat ini merupakkan sebuah tradisi lokal yang sarat akan kearifan lingkungan yang mana kegiatan ini merupakan inisiatif masyarakat yang telah turun-temurun dilakukan sebagai wujud kepedulian terhadap alam dan sistem irigasi desa.

 Kepala Dimas Pertanian Kab.Bandung Ir. Hj.Ningning Hendarsah memberikan apresiasi terhadap  Masyarakat Desa Lamajang secara rutin menyelenggarakan hajat "Huluwotan" ini setiap tahun, sebagai bentuk penghormatan kepada sumber air yang telah menopang kehidupan mereka, Senin(2/9/2024)


 

Menurut Kadistan Ir. Hj. Ningning, kegiatan hajat Huluwotan ini diharapkan dapat memperkuat kesadaran akan pentingnya menjaga kelestarian lingkungan, sekaligus mempromosikan tradisi ini sebagai bagian dari potensi pariwisata lokal.


Melalui tradisi hajat Huluwotan ini, masyarakat bersama-sama membersihkan saluran irigasi dan memperbaiki infrastruktur yang ada, sebagai simbol penghormatan terhadap sumber daya air.

" Tradisi ini tidak hanya menjadi ajang gotong royong, tetapi juga sebagai sarana edukasi bagi generasi muda untuk menjaga warisan alam yang ada di Desa Lamajang," ucapnya.

Dengan terus berlangsungnya tradisi Huluwotan Cadas Gantung ini, Hj Ningning berharap masyarakat  Desa Lamajang bisa  berkomitmen untuk menjaga lingkungan dan memperkuat jati diri sebagai desa yang peduli terhadap keberlanjutan ekosistemnya.

Lebih lanjut menurut Ningning, Syukuran hajat Solokan ini adalah bentuk rasa syukur kita kepada sang pencipta atas limpahan air yang mengalir dari huluwotan ke sawah-sawah penduduk.  Air yang mengalir ini bukan hanya sekedar sumber kehidupan tetapi juga sumber kehidupan bagi masyarakat terutama para petani yang menggantungkan dirinya kepada hasil pertanian.

 Oleh karena itu, kita harus terus menjaga dan melestarikan keberadaan Solokan air, agar aliran air tetap lancar dan dapat memberikan manfaat yang sebesar-besarnya bagi kita semua, tuturnya.

Editors Team
Daisy Floren
Daisy Floren
Jaelani Author

What's Your Reaction?

  • Like
    0
    Like
  • Dislike
    0
    Dislike
  • Funny
    0
    Funny
  • Angry
    0
    Angry
  • Sad
    0
    Sad
  • Wow
    0
    Wow