Dinas Kesehatan Jabar Gelar Pameran Transformasi informasi Kesehatan Tahun 2023

Dinas Kesehatan Jabar Gelar Pameran Transformasi informasi Kesehatan Tahun 2023

Smallest Font
Largest Font


Bandung.Nkrikitanrws.com - Dinas kesehatan Provinsi Jawa Barat menggelar pameran transformasi informasi kesehatan dalam rangka HUT memperingati hari kesehatan nasional yang ke 59 berlangsung di Dome Balerame Soreang Kabupaten Bandung Minggu (19/11/2023).


Pameran Transportasi informasi kesehatan merupakan bagian dari rangkeian acara dalam peringatan Hari kesehatan nasional yang ke-59 yang di laksanakan Dinas kesehatan Provinsi Jawa Barat,  bertujuan untuk mendorong program kemitraan dalam bidang kesehatan untuk kolaborasi mendukung transformasi kesehatan.

Mendorong promosi gaya hidup sehat pada setiap siklus hidup melalui kolaborasi meningkatkan kesadaran pengetahuan dan kewaspadaan tentang isu kesehatan dan  mengingatkan masyarakat untuk menjaga kesehatan.

Ketua pelaksana dr.Dewi Basmala Dirut Rs.Al Ihsan dalam kesempatannya mengutarakan bahwa, di hari kesehatan nasional yang ke -59 ini menjadi momentum evaluasi dan meningkatkan kualitas  pelayanan kesehatan.

Dalam rangka HKN yang ke-59 ini telah dilaksanakan berbagai kegiatan di tingkat Provinsi Jawa Barat.  berkolaborasi dengan lintas sektoral berbagai Rumah sakit pemerintah, Rumah sakit vertikal dan Rumah sakit swasta juga BUMN serta lembaga lainnya yang ada di kota Kabupaten dan Dinas kesehatan kota dan Kabupaten seperti seminar dan edukasi kesehatan bagi tenaga kesehatan dan masyarakat, pengabdian masyarakat, donor darah,  pemeriksaan dan konsultasi gratis, kampanye protein hewani  juga kegiatan lainya di Puskesmas dan sekolah SMP, SMA sejajar dengan kegiatan senam bersama, sarapan bersama dan minum tablet tambah darah bagi remaja putri serentak pada tanggal 9 November 2023.

Dewi menambahkan,  Selain itu lomba-lomba juga dilaksanakan karaoke mini soccer dan senam Juga pemilihan duta kesehatan, lomba video inovasi dan edukasi kesehatan sekolah,  pameran transformasi kesehatan dan hiburan. Kegiatan ini dilaksanakan oleh berbagai unit kesehatan baik di tingkat provinsi maupun di tingkat Kabupaten kota selama bulan November 2023.

Saya mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada pemerintah Provinsi Jawa Barat yang telah membantu mempasilitasi pelaksanaan kegiatan HKN taun ini  dan banyak terima kasih kepada bapak Bupati Kabupaten Bandung DR.HM.Dadang Supriatna yang sudah mempasilitasi kegiatan ini dengan memberikan tempat HKN dan seluruh sektor yang terkait Dinas kesehatan Kabupaten dan kota semua mitra kesehatan PT Bio Farma, Bank BJB,  Rumah sakit pemerintah, Swasta dan TNI,  Polri, seta sejumlah organisasi profesi kesehatan,  institusi kesehatan di wilayah Kota Bandung juga LSM dan organisasi masyarakat peduli kesehatan yang sudah berpartisipasi dalam pelaksanaan partisipasi hak lain tahun 2023 ini.

"Pameran transformasi kesehatan untuk Indonesia maju mewujudkan Jabar juara lahir batin. Ucap Dirut RS. Al ihsan.


Dalam kesempatan yang sama kepala Dinas kesehatan Provinsi Jawa Barat menyampaikan sukur Alhamdulillah kita sudah bisa melaluinya Covid 19 dan menyelesaikan vaksinasi covid 19 dan yang ketiga adalah transformasi sistem kesehatan yang saat ini kita laksanakan dan 6 pilar kesehatan tersebut diharapkan bisa memacu semua urusan kesehatan untuk seluruh Indonesia maju dan khususnya Indonesia di tahun 2045.

Ini adalah sesuatu perjalanan perjalanan yang tidak akan mudah belajar daripada kopi covid-19 banyak hal yang harus kita persiapkan tidak saja masalah promotif preventif di mana kita akan melalui beberapa perubahan dalam sistem kesehatan termasuk adanya perubahan program menjadi siklus kehidupan dimana setiap unsur anti pemeriksaan pelayanan kesehatan khususnya akan berubah mengikuti siklus kehidupan dan yang kedua adalah bagaimana kita harus melakukan screening pada 14 penyakit menular yang didefinisikan apabila kita tidak siapkan dari sekarang di hawatirkan di tahun 2024 nanti,  ketika mengalami bonus demografi maka 70% penduduk di usia produktif akan mengalami peningkatan angka kesakitan dan angka kematian untuk itu kenapa transformasi kesehatan ini penting, ujar Vini Adiani.

Tidak saja dalam transformasi pilihan pertama dalam kesehatan primer tetapi juga pelayanan kesehatan rujukan ini perlu dan sangat penting dan terima kasih kepada semua rumah sakit yang sudah mendukung dan salah satunya RS. Al Ihsan.

Vini mengucapkan   terima kasih sudah melakukan pelayanan jantung dan juga resistensi obat yang sudah  dilakukan oleh semua rumah sakit.


" Kita sudah masuk di era digital, digitalisasi kita udah masuk 5.0 di mana segala sesuatu memang harus dilakukan secara digitalisasi tetapi jangan lupa kita yang harus yang  mengendalikan digitalisasi bukan sebaliknya," ucapnya 

Melihat hal tersebut ada dua pilihan apakah kita tetap di tempat berdiri di tempat,  berjalan di tempat atau kita maju dengan adanya transformasi kesehatan ini,  tentunya teman-teman memilih yang kedua untuk maju dan saya yakin semua orang yang hadir di sini tentu ingin mengalami perbaikan-perbaikan dalam bidang kesehatan untuk itu marilah kita dalam kesempatan ini untuk sama-sama berjuang agar dapat menurunkan angka kematian ibu,  angka kematian bayi tentunya kita tidak mau kalau nanti kita akan mempunyai generasi yang tidak tinggi dan tidak pintar, jadi ini adalah permasalahan kita dan kita harus mempersiapkan nilai-nilai dalam mempersiapkan nanti dalam menuju Indonesia emas.

mari kita menjadikan momentum untuk berkarya menunjukkan masyarakat yang sehat dan mandiri dan tentu semua ini tidak akan terjadi apabila kita tidak saling bahu membahu mempersiapkan semua ini dan tentunya ini. Dengan semangat kita bersama untuk Indonesia maju di bidang kesehatan Saya berharap setelah pelaksanaan hari kesehatan Nasional ini bukan berarti selesai tetapi malah kita harus memulai semua ini bagaimana kita berbenah pasca pandemi Covid 19 tetap semangat tetapi dengan cita-cita semua bisa melayani masyarakat yang sebaik-baiknya sehingga kesehatan di Indonesia mandiri akan segera kita dapat mewujudkan.

Editors Team
Daisy Floren
Daisy Floren
Jaelani Author

What's Your Reaction?

  • Like
    0
    Like
  • Dislike
    0
    Dislike
  • Funny
    0
    Funny
  • Angry
    0
    Angry
  • Sad
    0
    Sad
  • Wow
    0
    Wow